Penataan Tempat Duduk di Kelas dalam Memotivasi Belajar Siswa

Authors

  • Ahmad Mubarok IAI Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Lingkungan Belajar, Penataan tempat duduk, Motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat motivasi belajar siswa kelas VII di SMP IT Asy-Syadzili, (2) Tanggapan siswa kelas VII dan guru di SMP IT Asy-Syadzili terhadap penataan tempat duduk formasi huruf U yang dilakukan oleh guru (3) Pengaruh penataan tempat duduk formasi huruf U yang dilakukan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP IT Asy-Syadzili. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dari 5 informan berasal dari siswa dan 2 orang dari guru kemudian dianalisis dengan teknik analisa data selama di lapangan model Spradley. Hasil penelitian adalah (1) Motivasi belajar siswa di kelas VIIC dan VIIE di SMP IT Asy-Syadzili dapat dikatakan cukup baik, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik; (2) Siswa merasa menjadi lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas karena pandangan guru lebih fokus dan tertuju kepada masing-masing siswa sehingga setiap siswa merasa lebih diperhatikan oleh guru. Selain itu guru juga merasa mendapat keuntungan karena penataan model ini dapat meningkatkan fokus belajar siswa, sehingga guru menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi dan interaksi antar guru dan siswa dapat lebih terjalin; (3) Penataan tempat duduk formasi huruf U yang dilakukan oleh guru cukup berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP IT Asy-Syadzili.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2019

How to Cite

Ahmad Mubarok. “Penataan Tempat Duduk Di Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (June 1, 2019): 39–51. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/70.