Evaluasi Program Pengajaran Guru Mata Pelajaran IPS MIS Nurhafizah Desa Sei Rotan Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sumatera
  • Syafira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tegar Jaya Putra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indriyani Br.Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Evaluasi Program, Pelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pengajaran IPS di SD ditujukan bagi pembinaan generasi penerus usia dini agar memahami potensi dan peran dirinya dalam berbagai macam kehidupan, menghayati kewajiban serta perlunya bermasyarakat dengan mempunyai rasa kebersamaan dan kekeluargaan dan pandai mengambil peran di lingkungan sebagai manusia sosial dan warga negara yang baik. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrumen, pengambilan sampel sumber data dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah kepala guru. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan mata pelajara IPS sangat dimungkinkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter (Sulfemi, 2016:28). Berdasarkan latar belakang, maka penelitian ini dibatasi pada permasalahan evaluasi program pengajaran guru IPS di MIS NURHAFIZAH, oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada evaluasi pelaksanaan program pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar dan tindak lanjut hasil penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2022

How to Cite

Amiruddin, Syafira, Tegar Jaya Putra, and Indriyani Br.Sitepu. “Evaluasi Program Pengajaran Guru Mata Pelajaran IPS MIS Nurhafizah Desa Sei Rotan Kabupaten Deli Serdang”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (December 28, 2022): 135–146. Accessed November 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/729.