Perencanaan Peningkatan Kemampuan Kinerja Guru Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis
Keywords:
Kinerja, Guru, Proses Pembelajaran, Supervisi KlinisAbstract
Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab dalam membimbing generasi muda menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Guru sebagai tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat erat kaitannya dengan usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu, diperlukan upaya dalam meningkatkan mutu guru untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan melakukan pembinaan secara berkala dan berkesinambungan, memberikan penataran, pelatihan, dan membuka kesempatan untuk menambah ilmu bagi guru yang ingin memperkuat pemahaman dan intelektualnya. Namun juga memperhatikan guru dari segi peningkatan disiplin, pemberian motivasi, dan pemberian bimbingan melalui supervisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan pelaksanaan supervisi klinis dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan instrumennya menggunakan panduan wawancara dan praktik langsung dari peneliti. Teknik Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelakasanaan supervisi klinis dapat meningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
References
Ace. S & Tilaar, H.A.R. 1994. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anggraini, U.K., Fitria, H. and Ahyani, N. (2021) ‘Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’, pp. 106–109.
Hardono, H., Haryono, H. and Yusuf, A. (2017) ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru.’, Educational Management Journal, 6(1), pp. 26–33. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman.
Imron, A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumasari, I.R. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan’, Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 21(2), p. 186. Available at: https://doi.org/10.37849/midi.v21i2.287.
Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sodik, M., Sahal, Y.F.D. and Herlina, N.H. (2019) ‘Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), p. 97. Available at: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 wirdanimar S.Pd.I
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.