Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Hidayat Rizandi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Muhammad Arrazi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Asmendri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Milya Sari UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen penting yang saling berhubungan. Salah satunya adalah bidang sarana dan prasarana. Evaluasi sarana dan prasarana memang menjadi topik pembahasan yang masih hangat dan menarik, karena keberadaan sarana dan prasarana sangat penting bagi proses pendidikan. Tanpa sarana dan prasarana yang baik, proses pendidikan menghadapi kesulitan yang sangat serius. Bahkan dapat mengganggu penndidikan itu sendiri. Oleh karena itu sarana dan prasarana harus dikelola dengan pengelolaan yang baik, sehingga dapat berkembang secara dinamis dan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman serta bisa meningkatkan mutu pendidkkan. Penulis bermaksud merancang artikel ini untuk dijadikan sebagai acuan pengelolaan sarana dan prasarana yang baik. Pada dasarnya artikel ini dibatasi pada konsep, proses dan peran guru dalam mengelola sarana dan prasarana yang baik dalam proses pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Barnawi & M. Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012.

Bafadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Dermawan, Oki. Manajaeman Fasilitas Pendidikan. Edited by EDU PUSTAKA. Jakarta Timur: EDU PUSTAKA, 2020.

Ellong, TD. Abeng. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11, no. 1 (February 25, 2018). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/574.

Matin, Dr, and Dr Fuad Nurhattati. “Manajeman Sarana Dan Prasarana Pendidikan Konsep Dan Aplikasinnya.” Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016.

Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003.

Minarti. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Novita, Mona. “Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Nur El-Islam 4 (2017).

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Ramayulis. “Ilmu Pendidikan Islam.” Jurnal Common 3, no. 1 (2019).

Rizky Diannisa, Neti Karnati, Supadi. “Management of Facilities and Infrastructure in Junior High School.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 6, no. 2 (2021): 348.

Rusdi Amanda, Oda Kinanta. Manajeman Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Syarbaini. Medan: CV. Widiya Puspita, 2017.

Sri Melani, Hade Afriansyah. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 12, no. 2 (2019): 153–164.

Suranto, Dwi Iwan, Saipul Annur, Ibrahim, and Afif Alfiyanto. “Pentingnya Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 2 (2022): 59–66.

Syahril. Manajeman Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Padang: SUKABINA, 2019.

Umairoh. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Mutu Pembelajaran Di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.” Skripsi Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, and Milya Sari. “Pentingnya Manajeman Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 10, 2023): 47–59. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/745.