Penerapan Kedisiplinan Siswa dan Meningkatkan Pendidikan Sekolah

Authors

  • Hj. Mardiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Jihan Millah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Yulian Aryanto Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.886

Keywords:

Kedisiplinan, Siswa, Pendidikan, Madrasah

Abstract

Munculnya inovasi pendidikan di Indonesia merupakan respon kreatif dan progresif dari para pemimpin, pakar, dan pendidik dalam mengimplementasikan sistem pendidikan nasional. Peran strategis perencana, pelaksana program dan evaluator dalam merespon segala perubahan internal dan eksternal menuntut adanya respon proaktif terhadap segala peristiwa yang menggoyahkan daya administrasi, sumber daya manusia dan budaya organisasi sekolah, madrasah dan madrasah agar mampu melakukan perubahan. atau inovasi. Karena inovasi dalam pendidikan memerlukan pemutakhiran manajemen, kurikulum, teknologi e-learning, dan modernisasi sarana dan prasarana pendidikan. Artikel ini menggali pemikiran tentang pentingnya inovasi pendidikan Islam di madrasah, pondok pesantren dan madrasah sebagai subsistem pendidikan nasional. Untuk mengetauhi implementasi tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter kedisiplinan siswa Mengidentifikasi kendala yang di hadapi madrasah sekolah dalam menunjang pendidikan karakter kedisiplinan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif Deskriptif. Sebagai sumber data dipilih kepala sekolah, tatib kesiswaan, serta peserta didalam mengimplementasikan tata tertib

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisana, Arga Lacopa, and Ismani Ismani, ‘Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Man Yogyakarta Ii Tahun Ajaran 2011/2012’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10.2 (2012), 22–42 <https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.911>

Fahmi, Zulfan, and Amiruddin, ‘Konsep Dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh’, Jurnal At-Tarbiyah, 8.1 (2022), 11–22 <https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.131>

Hadianti, Leli Siti, ‘Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 02.1 (2008), 1–8

Iii, Vol, No Januari, Wandana Simatupang, and Makmur Syukri, ‘Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Inovasi Pendidikan Islam Pada Perkembangan Madrasah Menghadapi Tantangan Perubahan Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah َّ ِ إ َ او ُ ف ِ ق ُ ث َ ا م َ ن ْ ي أ َُ ة َّ ل ذ ب ر ُ ُ ا ب و ’, III.1 (2022), 24–40

Kusman, Muhammad, ‘Manajemen Inovasi Pendidikan Di Sekolah Dasar’, JIEM (Journal of Islamic Education Management), 4.2 (2020), 156 <https://doi.org/10.24235/jiem.v4i2.6567>

Qomarudin, A, Stai Ma’had Aly, and Al-Hikam Malang, ‘Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Program Unggulan’, Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9.2 (2020), 133–52

Riadi, Akhmad, ‘Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah’, Ittihad, 14.26 (2016), 1–10 <https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.868>

Sa’diyyah, Ratna Hidayatus, ‘INOVASI SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH YANG BERKUALITAS DI MTsN MALANG III GONDANGLEGI SKRIPSI’, Skripsi, 04110119, 2008, 18

Suja’i, A, ‘Inovasi Pendidikan Full Day School’, Stai-Binamadani.E-Journal.Id, 75–94

Syafaruddin, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 2012

Utami, Septi Wahyu, ‘Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa’, Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4.1 (2019), 63 <https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66>

Volkers, Mariella, ‘No TitleΕΛΕΝΗ’, Αγαη, 8.5 (2019), 55

Warnaen, Andi, Hafied Cangara, and Sitti Bulkis, ‘FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT INOVASI PADA KOMUNITAS PETANI DAN NELAYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN TAKALARThe Inhibiting Factors of Innovation in The Community in Improving Farmers and Fishermen Welfare Society in Takalar’, Komunikasi KAREBA, 2.3 (2015), 241–50

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Hj. Mardiyah, Jihan Millah, and Yulian Aryanto. “Penerapan Kedisiplinan Siswa Dan Meningkatkan Pendidikan Sekolah”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 10, 2023): 26–46. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/886.